Jumat, 27 September 2019

Pengertian Ritel (Retail) atau Pengecer

Retail rak supermarketDalam dunia bisnis ada yang dinamakan perusahaan ritel atau dalam bahasa Inggris bernama retail. Dalam skala kecil, biasanya disebut pengecer. Lalu apa itu ritel?

Perusahaan Ritel atau Pengecer merupakan sistem pemasaran produk yang mana transaksi penjualannya langsung ditujukan ke konsumen. Istilah lainnya bisa disebut sebagai B2C (Business to Consumen). Di sini konsumen sebagai pihak terakhir yang menggunakan produk ini dan tidak dijual lagi.
Konsumen berupa orang pribadi bukan suatu badan bisnis/usaha.

Dalam praktek bisnisnya, pengecer akan membeli produk dalam skala yang besar (grosir) dari produsen atau bisa juga dari distributor. Kemudian mereka akan menjualnya kembali dalam jumlah kecil atau eceran.

Dalam membeli produk, pengecer akan mendapatkan harga yang lebih murah karena membelinya dalam jumlah yang besar, dan nantinya bisa dijual dengan harga pasaran. Disitulah pengecer akan mendapatkan keuntungan.

Produk yang biasa dijual oleh pengecer atau perusahaan ritel biasanya adalah produk makanan, perabotan rumah tangga, ATK, pakaian, dan produk yang biasa digunakan masyarakat sehari-hari.

Di lingkungan masyarakat bawah, biasanya pengecer ini bisa ditemukan di warung kelontong. Warung kelontong adalah salah satu contoh kecil dari usaha retail. Sedangkan contoh yang juga sering kita temui adalah minimarket waralaba, seperti Alfamart dan Indomaret. Mereka juga termasuk perusahaan ritel karena menjualnya langsung ke konsumen akhir.

Jenis bisnis ritel seperti ini termasuk mudah dilakukan. Karena tidak perlu membuat produk, cukup punya modal yang cukup kemudian beli produk-produk secara grosir dan dijual kembali secara retail.

Semoga informasi mengenai pengertian perusahaan ritel atau pengecer ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar